Inovasi Pelayanan Publik Polres Trenggalek Di Apresiasi Tim Ombudsman

Potret Bhayangkara News, TRENGGALEK |

Kepolisian Resor Trenggalek menerima kunjungan istimewa dari tim ombudsman RI wilayah Jawa Timur. Kunjungan ini digelar dalam rangka meninjau secara langsung pelayanan publik yang diselenggarakan oleh jajaran Polres Trenggalek. Selasa, (22/8/2023).

Kehadiran tim ombudsman disambut langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. didampingi sejumlah pejabat utama dan perwira staf.

Dalam acara tersebut, Kompol Sunardi memaparkan berbagai ide kreatif dan inovasi yang telah diluncurkan jajaran Polres Trenggalek untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan dan kenyamanan masyarakat.

Inovasi tersebut lanjut Kompol Sunardi, merupakan implementasi dari slogan Polres Trenggalek yakni `SIAP` yang merupakan akronim dari Soliditas, Integritas, Agamis dan Profesionalisme dimana salah satu prioritasnya adalah mengoptimalkan pelayanan masyarakat.

“Standar pelayanan kita penuhi didukung sarana prasarana yang memadai. Termasuk didalamnya adalah mempermudah mekanisme pelayanan sehingga tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan” Ungkap Kompol Sunardi.

Terkait dengan pengawasan, Kompol Sunardi menerangkan pihaknya telah menyiapkan satu ruang dan petugas khusus yang bertugas menampung keluhan, pengaduan maupun konsultasi. Hal ini sangat penting untuk memastikan setiap keluhan ditindaklanjuti dengan baik.

Disamping itu, setiap ruangan juga dilengkapi dengan CCTV dan diawasi oleh petugas pengawas Yanlik dari Sipropam untuk menekan penyalahgunaan wewenang, pungli ataupun perilaku koruptif lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim ombudsman Khoirudin dalam kesempatan tersebut menyatakan apresiasi atas dedikasi dan tekat kuat serta komitmen jajaran polres Trenggalek dalam membangun pelayanan prima jajarannya. Berbagai inovasi dan terobosan kreatif yang telah dilakukan merupakan wujud nyata kepedulian Polri dalam memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.

“Semua komponen pelayanan sudah tercukupi, siap dan bagus.” Ujar Agus Widiyarta.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan ruang pelayanan publik di Mapolres Trenggalek diantaranya SKCK, SPKT, Satreskrim dan Satpas SIM. Beberapa hal yang menjadi objek wawancara baik kepada petugas maupun masyarakat antara lain tentang standar pelayanan, tugas dan wewenang jabatan, administrasi hingga pelayanan kelompok rentan.

(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama